Rumah Minimalis Menjadi Aset Berharga Yang Harus Dijaga

Rumah merupakan bangunan untuk tempat tinggal manusia dengan jangka waktu tertentu. Umumnya manusia menempati rumah untuk melangsungkan hidup dengan aktivitas seperti tidur, berkeluarga, berlindung, makan, dan lainnya.

Di Negara Indonesia bangunan biasanya didirikan di atas tanah yang kosong. Umumnya tanah mempunyai legalitas yang harus disahkan kepemilikannya oleh Badan Pertanahan Negara supaya kelak di kemudian hari tidak ada sengketa kepemilikan tanah.

Legalitas tersebut berbentuk dokumen seperti Sertifikat Hak Milik, SPPT, dan Akta jual beli. Begitu juga dengan mendirikan bangunan, harus ada Izin Mendirikan Bangunan (IMB) diatas tanah. Kelengkapan legalitas tanah dan bangunan mempengaruhi harga jual sebuah rumah sekaligus menjadi aset dengan nilai yang tidak sedikit.

Saat ini di Negara Indonesia khususnya Jakarta harga tanah dan bangunan cukup mahal, apalagi berlokasi di pinggir jalan raya. Selain lokasi tersebut ada beberapa tempat yang harga tanahnya mahal seperti, hunian yang mempunyai akses kendaraan roda empat, dekat kampus (Universitas), sekitar instansi (Rumah Sakit dan Perkantoran), dan sekolah.

Denah Rumah Minimalis

Model bangunan pun tidak kalah penting, maksudnya bentuk dan desain bangunan yang didirikan diatas tanah dapat menambah nilai aset tersebut. Bangunan akan menjadi penambah nilai tanah jika bentuk bangunan masih terlihat bagus, kokoh, dan modelnya mengikuti tren.

Dalam hal ini, kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai rumah dengan konsep dasar minimalis yang digabungkan dengan konsep hunian modern. Sudah menjadi rahasia umum bahwa konsep rumah minimalis menjadi idaman.

Adapun kombinasi minimalis modern dalam kontek ini adalah bangunan yang didirikan memakai peralatan canggih dan memasang bahan material rumah yang ada pada jaman milenium (Abad Ke 20) namun menerapkan konsep dasar minimalis.

Minimalis modern pun dapat digabungkan dengan beberapa desain seperti tropical (tropis), industrial, klasik, Mediteranian, Kontemporer, Mid Century, scandinavian, dan lainnya

Hunian konsep minimalis modern sekarang populer di kalangan masyarakat luas, dengan begitu rumah minimalis bisa cepat laku dibandingkan dengan hunian-hunian konsep lain. Peluang tersebut sudah lama diketahui oleh pebisnis properti, mereka cenderung menerapkan konsep tersebut untuk menarik minat pembeli. Maka dari itu, jaga hunian dengan melengkapi legalitas yang sesuai dengan Peraturan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sumber Gambar:
(facebook) Sketsa Rumah Perum Puri Cipageran Cimahi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar