Denah Rumah Minimalis Type 45 Ideal Banget (7x14 M)

Sebelum membangun atau merenovasi rumah, ada satu tahapan penting yang selalu dilakukan oleh ahli perancang hunian (arsitek Profesional) atau pun seorang desain rumah yang masih amatir. Langkah ini adalah membuat denah rumah yang dituangkan pada kertas, atau istilah keren yang sering dibicarakan oleh orang-orang pintar yakni sketsa bangunan.

Denah ruangan rumah minimalis type 45 dibuat oleh arsitek perumahan secara profesional. Mereka mengesahkan sketsa tersebut melalui pihak terkait (Kepala Dinas Tata Kota dan Pemukiman (DISTARKIM)). Dengan begitu, Perusahaan (PT) yang membidangi perumahan tersebut legalitasnya sesuai Peraturan Menteri PUPR.

Denah rumah (ruangan-ruangan) yang ada pada desain rumah minimalis type 45 diantaranya carport, taman, ruang tengah/keluarga/tamu, kamar, WC, dan dapur terbuka. Masing-masing ruangan disesuaikan ukurannya dengan luas bangunan (tipe), dan bentuk bangunan mengikuti luas tanah (Lebar Muka X Panjang).

Berhubung bisnis perumahan mempunyai peraturan yang ketat, membuat denah hunian yang sah sangat penting untuk (PT) perusahaan pebisnis properti. Selain mentaati Peraturan Menteri PUPR, (PT) perusahan tersebut menjadi tahu perhitungan anggaran biaya bangunan.

Jadi mereka (PT) tahu persis anggaran yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah type 45 dan tahu berapa harga jual yang sesuai dengan KJPP. Dengan begitu, harga yang ditawarkan sesuai dengan harga pasaran (sesuai lokasi).

Gambar denah rumah minimalis type 45

Lain cerita dengan membuat denah ruangan hunian pribadi (perorangan). Terkadang tukang membuat denah tersebut bukan dengan komputer dan aplikasi AutoCad atau sejenisnya, tapi menggunakan pulpen serta penggaris (mistar). Meskipun begitu, denah rumah (sketsa banguan) berupa gambar di kertas yang dibuat manual hasilnya sesuai dengan bentuk bangunan nyata.

Itu mungkin perbedaan menggambar denah rumah yang dilakukan oleh orang tua berpengalaman dengan arsitek canggih (modern). Hanya medianya saja yang berbeda, namun hasilnya kurang lebih sama dan tergantung yang mengerjakan di lapangan.

Terkadang ada sebagian pekerja yang kurang memahami denah rumah. Hal ini terlihat dari penempatan ukuran bangunan nyata dengan ukuran gambar yang tidak sesuai.

Maka dari itu, pilih pekerja yang memahami atau bisa membaca gambar denah rumah minimalis tipe 45 (sketsa bangunan ) supaya bangunan tidak gagal.

Sumber Gambar:
LNH Cluster, Jalan Sitara Natar.
Facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar